Universitas Muhammadiyah Gresik, SEMINAR NASIONAL EKONOMI, KEWIRAUSAHAAN, BISNIS DAN ILMU SOSIAL (SNEKBIS) DAN CALL FOR PAPER 2022

Font Size: 
Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Kpp Pratama Gresik)
Ria Kurniawati Izzah, Muhammad Aufa

Last modified: 2022-05-24

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh kesadaran wajib pajak, sosialisasi perpajakan, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Gresik. Teknik yag digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 respnden melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan berpengaruh dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan variabel sosialisasi perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak.

Kata kunci: Kepatuhan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Sanksi Perpajakan


Keywords


Taxpayer Compliance, Taxpayer Awareness, Socialization Taxation, and Tax Sanctions.

Full Text: PDF