Universitas Muhammadiyah Gresik, SEMINAR NASIONAL EKONOMI, KEWIRAUSAHAAN, BISNIS DAN ILMU SOSIAL (SNEKBIS) DAN CALL FOR PAPER 2023

Font Size: 
STRATEGI BISNIS PADA FAUZA BEAUTY DI KABUPATEN GRESIK YANG MENGALAMI PERTUMBUHAN PENDAPATAN SAAT RESESI COVID-19
Abdullah Jaya Syaputra, Hadi Ismanto

Last modified: 2023-06-04

Abstract


Latar Belakang - Pandemi Covid-19 telah menyebabkan terjadinya resesi ekonomi dan banyak memberikan dampak negatif kepada para pengusaha sehingga mengalami penurunan pendapatan bahkan terancam gulung tikar. Namun hal tersebut ternyata tidak berlaku pada usaha Fauza Beauty yang justru mengalami peningkatan pendapatan pada usahanya.

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari resesi Covid-19 pada usaha Fauza Beauty, bagaimana strategi bisnis yang digunakan Fauza Beauty agar dapat mengalami peningkatan pendapatan saat terjadi resesi Covid-19 dengan analisis SOSTAC, dan mengetahui bagaimana bisnis model kanvas pada usaha Fauza Beauty.

Desain / Metodologi / Pendekatan – Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan kepada 1 Pemilik, 1 Supplier, 2 Pesaing dan 5 Pelanggan Fauza Beauty di Jl. Dr. Sutomo No. 10, Desa Ngipik, Kabupaten Gresik, dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan analisis data.

Temuan - Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi resesi Covid-19 tidak terlalu berdampak pada Fauza Beauty. Selain itu, diperoleh hasil mengenai strategi yang digunakan dengan menjual produk yang diinginkan pelanggan, menggunakan media sosial Instagram serta memberikan pelayanan yang memuaskan. Hasil penelitian juga ditemukan identifikasi bisnis model kanvas Fauza Beauty.

Implikasi Penelitian – Penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi pengusaha dalam menentukan strategi bisnis pada saat kondisi resesi sejenis dan hasil identifikasi bisnis model kanvas dapat membantu Fauza Beauty dalam menentukan inovasi strategi baru.

Keterbatasan Penelitian – Penelitian ini memiliki keterbatasan hanya pada identifikasi strategi yang telah digunakan Fauza Beauty pada saat kondisi resesi Covid-19  belum sampai pada strategi baru untuk Fauza Beauty saat kondisi sekarang.

 


Keywords


Resesi Covid-19, Strategi Bisnis, SOSTAC, Bisnis Model Kanvas.

Full Text: Abstrak PDF