Universitas Muhammadiyah Gresik, SEMINAR NASIONAL EKONOMI, KEWIRAUSAHAAN, BISNIS DAN ILMU SOSIAL (SNEKBIS) DAN CALL FOR PAPER 2023

Font Size: 
PENGARUH INVESTASI PEMASARAN DAN INOVASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Wilda Dwi Oktavianti, Suwarno Suwarno

Last modified: 2023-06-04

Abstract


Latar Belakang – Nilai perusahaan juga dapat dipengaruhi karena adanya inovasi. Investasi pemasaran menjadi pendorong utama kinerja perusahaan yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan serta menciptakan kepuasan pelanggan sehingga meningkatkan nilai perusahaan. Beberapa penelitian telah melakukan pengujian variabel-variabel yang mempengaruhi nilai perusahaan. Namun, hasil penelitian ini masih beragam. Keberagaman hasil penelitian terdahulu tentang investasi pemasaran dan inovasi terhadap nilai perusahaan, maka mendorong peneliti untuk melakukan pengujian lebih lanjut.

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh investasi pemasaran dan inovasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2020.

Desain / Metodologi / Pendekatan – Pendekatan penelitian menerapkan prinsip kuantitatif. sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 56 perusahaan yang memenuhi syarat kriteria. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Pengukuran variabel nilai perusahaan menggunakan Tobin's q.

Temuan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa investasi pemasaran berpengaruh positif dan signifkan terhadap nilai perusahaan, dan tidak ada pengaruh signifikan secara parsial antara inovasi terhadap nilai perusahaan. Teori sinyal tidak serta merta berdampak terhadap inovasi, karena biaya yang ditimbulkan dalam inovasi khususnya, kegiatan R&D.  

Implikasi Penelitian – Penelitian ini memberikan gambaran nilai perusahaan yang dilihat dari sisi inovasi (R&D) dan investasi pemasaran dalam rentang watu yang telah ditentukan.

Batasan Penelitian – Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam mengukur variabel inovasi dengan menggunakan dummy sehingga hasil yang diperoleh masih kurang akurat dan konsisten.


Keywords


Perusahaan, Investasi Pemasaran, Inovasi, Penelitian dan Pengembangan, Tobin’

Full Text: Abstrak PDF