Universitas Muhammadiyah Gresik, SEMINAR NASIONAL EKONOMI, KEWIRAUSAHAAN, BISNIS DAN ILMU SOSIAL (SNEKBIS) DAN CALL FOR PAPER 2023

Font Size: 
PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP LAYANAN VIP DI WARNET OMEGA GAMECENTER DENGAN ANALISIS KONJOIN
Dimas Rizqi Dermawan

Last modified: 2023-06-04

Abstract


Latar Belakang - Internet saat ini yang semakin mudah diakses tentunya dapat memberikan kontribusi yang besar sehingga dapat mengubah gaya hidup atau pola interaksi sosial, budaya, bisnis, ekonomi, dan pendidikan. Berbagai informasi dapat diakses melalui internet dan kegiatan terkait. Salah satunya adalah bermain Game Online.

Tujuan – Berangkat dari pengertian tersebut maka menarik untuk dilakukan penelitian tentang preferensi konsumen terhadap atribut layanan VIP dengan menggunakan analisis conjoint, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kombinasi atribut layanan VIP yang menjadi preferensi konsumen dan untuk mendapatkan atribut layanan VIP yang paling penting untuk konsumen.

Desain / Metodologi / Pendekatan – Dalam penelitian ini pendekatan metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil perhitungan rumus Slovin, diketahui jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik yang digunakan adalah Non-Probability Sampling dengan metode Convenience Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis berganda dan juga teknik analisis konjoin.

Temuan - Pada penelitian ini, kombinasi atribut yang paling disukai responden adalah Processor AMD Ryzen 5 2600, Graphic Card NVidia GTX 1070 8GB dengan Monitor 27 Inch 144 Hz dan Chairs Gaming Medium Class. Atribut yang paling mempengaruhi preferensi konsumen adalah atribut Kursi dengan nilai kepentingan 31,059% kemudian atribut Graphic Card 23,836% kemudian atribut Monitor 22,569% dan terakhir atribut Processor 22,536%.

Keterbatasan Penelitian – Agar lebih akurat dalam mengetahui preferensi konsumen, maka jumlah responden pada penelitian selanjutnya dapat ditingkatkan dan juga pada penelitian selanjutnya sebaiknya peneliti menambah jumlah atribut dan jumlah stimuli atau kombinasinya.


Keywords


Preferensi, Konsumen, Konjoin, Multivariat, Layanan VIP, Regresi Berganda

Full Text: Abstrak PDF