Last modified: 2023-08-30
Abstract
Latar Belakang – PT Alra merupakan perusahaan yang berdiri dalam bidang tas kulit serta kerajinan kulit dengan merek dagang Alra Life Style, Alra Natural dan Rumah Produksi. penjualan tas sudah berjalan dengan baik namun masih memiliki permasalahan atau kendala dalam proses pemasaran yaitu kurangnya strategi bisnis yang dilakukan perusahaan di media sosial
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan di PT Alra yaitu penerapan Social Media Marketing yang memberikan hasil lebih baik untuk meningkatkan interaksi media sosial.
Desain/ Metodologi/ Pendekatan – Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan penelitian adalah staff marketing perusahaan dan penanggung jawab IG perusahaan. Pengambilan data menggunakan pendekatan wawancara terstruktur. Analisis data menggunakan pendekatan triangulasi yang menggabungkan antara hasil wawancara, hasil tinjauan lapangan, dan hasil capaian pemasaran digital perusahaan.
Hasil dan Pembahasan - Strategi pemasaran dari PT. Alra yang menjadi solusi terhadap sempitnya jangkauan pasar adalah berupa analisa bauran pemasaran dan pengembangan content marketing dengan media social. PT Alra dalam proses membangun strategi pemasaran melalui merk dagang unggulannya mengalami proses yang cukup baik namun kurang berkemajuan dalam menjangkau pasar terkini. Hal ini ditandai dengan banyaknya kegiatan content marketing yang tidak dilakukan secara setiap hari sedangkan kehidupan social media aktif tanpa adanya batas waktu. Kesempatan tersebut seharusnya menjadi sorotan guna terbangunanya tim content marketing yang sistematis.
Implikasi Penelitian – Penelitian ini dapat menjadi khaasanah bagi industri UMKM bahwa penggunaan media sosial menjadi diutamakan guna meningkatatkan penjualan secara signifikan.