Last modified: 2023-09-01
Abstract
Latar Belakang – Gangguan penglihatan menjadi permasalahan utama di Indonesia, sebagian besar gangguanpenglihatan tersebut diakibatkan oleh katarak. Untuk itu Klinik Mata KMU Madura berupaya untuk meningkatkankesadaran masyarakat Madura agar lebih memperhatikan kesehatan mata karena katarak adalah penyebab kebutaanyang bisa disembuhkan. Namun banyaknya peminat menjadikan pasien harus menunggu untuk waktu yang lama.
Tujuan – untuk mengetahui Strategi Peningkatan Kualitas Layanan di Klinik Mata KMU Madura
Desain/ Metodologi/ Pendekatan – Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan penelitian yangmengeksplorasi dan memahami fenomena sosial dari sudut pandang yang mendalam dan kontekstual. Ini melibatkanpengumpulan data yang bersifat deskriptif, non-numerik, dan berfokus pada interpretasi makna yang lebih dalam.Informan penelitian adalah staff bagian marketing perusahaan.
Hasil dan Pembahasan - Strategi kualitas layanan, dan Klinik Mata KMU Madura adalah secara tangible atauberwujud menggunakan tampilan seragam yang rapi dan menarik. Dilengkapi dengan fasilitas AC dan menggunakanperkembangan teknologi pendafaran online via whatsapp. Adanya emphaty atau empati dengan menyediakan layanankonsultasi gratis via Whatsapp untuk membantu pasien terhadap keluhan yang dirasakan. Adanya responsivenessatau daya tanggap semua karyawan klinik saling membantu memberikan respon yang cepat terhadap pasien baikyang melakukan pendaftaran via whatsapp maupun pasien yang berada di klinik. Adanya reliability atau keandalanKlinik Mata KMU Madura membuat layanan VIP guna membantu pasien yang ingin melakukan pemeriksaan secaralangsung dan cepat. Adanya assurance atau jaminan memberikan informasi kepada pasien melalui edukasi yangdilakukan oleh tim marketing supaya pasien mudah memahami alur pendaftaran di Klinik Mata KMU Madura.
Implikasi Penelitian – Penilitian memberikan sumbangsi berkaitan dengan manajemen pemasaran denganmeningkatkan kepuasan pelanggan melalui pelayanan yang diberikan.