Last modified: 2022-05-19
Abstract
Penilitian ini berfokus pada pemilihan supplier biji kopi pada Pit-Stop Kopi. Kriteria yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu dengan Vendor Performance Indicator yang berkerangka Quality, Cost, Delivery, Flexybility, Responsivness. Dari kelima kriteria supplier tersebut telah divalidasi oleh pihak Pit-Stop Kopi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Terdapat tiga supplier yang selama ini digunakan oleh Pit-Stop Kopi yaitu Marron by Casa, Space Roastery, 1996 Coffee Roastery. Hasil pada metode AHP menghasilkan bobot kriteria dengan urutan Quality (0,34), Cost (0,34), Flexybility (0,17), Delivery (0,09), Responsivness (0,07). Sedangkan dalam penelitian ini menghasilkan nilai alternatif terbaik dengan urutan sebagai berikut: Marron by Casa (0,5198),1996 Coffee Roastery (0,3573), Space Roastery (0,0866). Hasil didaptkan setelah melakukan perhitungan AHP.
Kata Kunci: Pemilihan Supplier, Analytical Hierarchy Process, Kriteria Vendor Performance Indicator