Last modified: 2022-05-20
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah Motivasi Belajar Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Gresik di Masa Pandemi Covid-19. Dengan mengumpulkan data dari 5 informan dan 1 informan kunci sebagai pembuka jalan peneliti untuk menemukan hasil yang akurat. Pengujian dilakukan dengan menggunakan analisis data model Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi daa, penyajian data dan verifikasi. Motivasi belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik dipengaruhi oleh tujuh indikator yang ada yaitu kenyamanan, absensi, waktu belajar, metode belajar, ketekunan, kepuasan belajar, dan juga tujuan belajar. Dalam beberapa indikator tersebut, yang paling banyak berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa adalah metode belajar dan tujuan belajar. Metode belajar yang bervariasi membuat mahasiswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran daring, dan tujuan belajar yang kuat membuat mahasiswa harus mengikuti pembelajaran daring ini supaya bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dari awal.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring