Last modified: 2022-05-24
Abstract
Pasar modal menjadi tempat bertemunya pihak yang memiliki kelebihan dana dengan pihak yang membutuhkan modal, salah satu macam investasi yang tersedia di pasar modal pada saat ini adalah obligasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio, ROA, Leverage dan umur obligasi terhadap peringkat obligasi pada perusahaan yang mengeluarkan peringkat obligasi periode 2018-2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data sekunder sebagai sumber data. Teknik pengambilan sample menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh 58 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Current Ratio tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi didukung teori signaling, Leverage tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi didukung teori agency sedangkan ROA berpengaruh terhadap peringkat obligasi didukung teori signaling, Umur Obligasi berpengaruh terhadap peringkat obligasi didukung teori agency.
Kata kunci: Current Ratio, ROA, Leverage, Umur obligasi, Peringkat Obligasi